Akuntansi Keuangan Daerah dan Sistem Pencatatannya (Pembukuan)

Rate this item
(0 votes)
Akuntansi Keuangan Daerah dan Sistem Pencatatannya (Pembukuan)

Akuntansi memiliki jenis yang bermacam-macam bergantung pada fungsi dan tujuan akuntansi itu sendiri. Pada artikel sebelumnya telah membahas tentang akuntansi pemerintah, sekarang kita akan membahas tentang akuntansi keuangan daerah.

Akuntansi Keuangan Daerah – Akuntansi memiliki jenis yang bermacam-macam bergantung pada fungsi dan tujuan akuntansi itu sendiri. Pada artikel sebelumnya telah membahas tentang akuntansi pemerintah, sekarang kita akan membahas tentang akuntansi keuangan daerah. Apa itu akuntansi keuangan daerah ? Tetap lanjut baca artikel berikut ini.

Pengertian Akuntansi Daerah

Akuntansi daerah adalah proses akuntansi termasuk didalamnya adalah proses identifikasi, pengukuran, pencatatan serta pelaporan setiap transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu entitias/instansi pemerintah daerah (pemda) seperti kabupaten, kota ataupun provinsi) yang dijadikan acuan untuk pengambilan kebijakan ekonomi, baik oleh pihak internal ataupun eksternal.

 

Pihak-Pihak yang Butuh Informasi Akuntansi Daerah

Akuntansi Daerah

Akutansi Pemerintahan Daerah (Gambar : Google)

Data-data akuntansi yang telah diolah menjadi informasi-informasi tentu saja diperlukan oleh banyak pihak, baik internal ataupun eksternal. Beberapa pihak yang jelas membutuhkannya antara lain DPRD, Badan Pengawas Keuangan (BPK), investor, donatur, analisis ekonomi, pemerhati pemda, rakyat, pemerintah pusat, ataupun siapapun yang dirasa membutuhkan data informasi tersebut.

Baca Juga : Pihak-Pihak yang Membutuhkan Laporan Akuntansi

Laporan Keuangan dalam Pemda

Sistem pencatatan yang dilakukan dalam akuntansi keuangan daerah tidak jauh berbeda dengan pencatatan akuntansi lainnya. Pada dasarnya kita perlu mengidentifikasi transaksi ekonomi, apakah transaksi tersebut bersifat ekonomi atau tidak. Transaksi ekonomi ialah aktivitas yang ada hubungannya dengan uang.

Setelah melakukan pengidentifikasian langkah selanjutnya ialah pengukuran transaksi ekonomi dengan satuan uang, jadi setiap transaksi yang ada harus dinyatakan dalam nilai mata uang yang berlaku (rupiah). Selanjutnya adalah pencatatan transaksi serta pengolahan data menjadi sebuah informasi yang diperlukan. Informasi tersebut kemudian disusun menjadi sebuah laporan keuangan pemerintah daerah. Umumnya berikut ini laporan keuangan dalam pemda :

  1. Laporan Realisasi Anggaran
  2. Laporan Neraca
  3. Laporan arus kas
  4. Catatan atas Laporan Keuangan

Sistem Pencatatan Single Entry

Ada banyak sistem pencatatan buku, salah satunya adalah sistem pencatatan buku tunggal (single entry). Dalam sistem ini, pencatatan transaksi ekonomi hanya dilakukan satu kali. Transaksi yang mengakibatkan pemasukan kas akan dimasukkan dalam sisi penerimaan, sedangkan yang mengurangi kas dimasukkan dalam sisi pengeluaran.

Sistem pencatatan buku tunggal memiliki kelebihan, salah satunya adalah mudah dipahami dan sederhana. Namun, dalam sistem ini kurang bagus untuk pelaporan karena sulit untuk menemukan kesalahan pembukuan serta sulit melakukan kontrol keuangan. Karena itu ada sistem pencatatan lain yang lebih baik.

Sistem Pencatatan Double Entry

Sistem kedua adalah pencatatan double entri atau sistem tata buku berpasangat. Dalam sistem ini pada dasarnya setiap transaksi ekonomi yang terjadi akan dicatat sebanyak dua kali. Pencatatan dengan menggunakan sistem ini dinamakan menjurnal. Dalam pencatatan model ini sisi debit ada di sebelah kiri, sedangkan sebelah kanan untuk sisi kredit. Untuk menjaga keseimbangan antara debit dan kredit kita menggunakan persamaan :

BELANJA + AKTIVA = EKUITAS DANA + UTANG + PENDAPATAN

Transaksi yang menambah aktiva akan dimasukkan dala mdebit, sedangkan mengurangi aktiva dimasukkan dalam kredit.

Sistem Pencatatan Triple Entry

Terakhir adalah sistem pencatatan triple entri, dalam sistem ini pelaksanaan pencatatan menggunakan pencatatan double entry,, tetapi ditambah pencatatan pada buku anggaran. Jadi, pada saat pencatatan double entry dilakukan, PPK SKPD ataupun bagian keuangan/SKPKD juga melakukan pencatatan transaksi pada buku anggaran, sehingga pencatatan ini berimbas pada sisa anggaran.

Itu tadi adalah artikel singkat yang membahas tentang akuntansi keuangan daerah. Ilmu akuntansi sangat diperlukan untuk melakukan manajemen yang teratur pada anggaran, karena jika tidak teratur maka berimbas pada buruknya kesehatan keuangan perusahaan.

Sumber : http://rocketmanajemen.com/akuntansi-keuangan-daerah/

 

 

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

AGENDA KEGIATAN MAKSI FEB ULM TERBARUnew

29 Mar 2018

Pada Tanggal 2-3 April 2018 Program S2 Magister Akuntansi (MAKSI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universirtas Lambung Mangkurat akan kedatanganTim Asesor BAN-PT yang terdiri dari 1. Prof. Dr. Sutrisno T., SE, Ak, M.Si (Universitas Brawijaya) dan 2. Faisal, SE, M.Si, Ph.D, CRP (Universitas Diponegoro) ...

Kesan Mahasiswa dan Alumnicool

media/k2/items/cache/e9c724eeb5636d1c1c1a2c2e85d40377_S.jpg
Ulfa Puspa W.W, SE / student of Ulfa Puspa W.W, SE (Manajer Akuntansi Kantor Pos Banjarmasin)
Ulfa Puspa W.W, SE (Manajer Akuntansi Kantor Pos Banjarmasin)
media/k2/items/cache/9415f9bcd76598f9c08127db1641b596_S.jpg
Indah K.Dewi, SE / student of Indah K.Dewi, SE (Staf Accounting PT Mitra Sinar Jaya Palangkaraya)
Indah K.Dewi, SE (Staf Accounting PT Mitra Sinar Jaya Palangkaraya)
media/k2/items/cache/83c2446a0896df0a1f4af01c940ae1d9_S.jpg
Mohc. Fachroni, SE, Ak, CA, CPAI / student of Mohc. Fachroni, SE, Ak, CA, CPAI ( Karyawan PT. Sinar Alam Duta Perdana )
Mohc. Fachroni, SE, Ak, CA, CPAI ( Karyawan PT. Sinar Alam Duta Perdana )
media/k2/items/cache/19f9cefdfb07230a68581d617885a3af_S.jpg
Mellani Yuliastina / student of Mellani Yuliastina, Asisten Dosen STIENAS BANJARMASIN
Mellani Yuliastina, Asisten Dosen STIENAS BANJARMASIN
KAP Gt. Mahfudz
Beasiswa

BERITA KAMPUS MAKSI FEB TERHANGAThot

Pada hari Jum'at, Tanggal 29 Desember 2017, Program S2 Magister Akuntansi FEB ULM mengadakan Kuliah Tamu : “ NVIVO sebagai Alat Analisis untuk ...
 29 December 2017
Pada tanggal 26 November 2017, Program S2 Magister Akuntansi FEB ULM mengadakan  Workshop Analisis Multivariate Dengan Covariance VS Variance “Based ...
 26 November 2017
Pada hari Jum'at, Tanggal 3 November 2017, Program S2 Magister Akuntansi FEB ULM mengadakan Kuliah Tamu dengan narasumber berasal dari Dosen ...
 03 November 2017
Badan Pemeriksa Keuangan bekerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat mengadakan Kuliah Umum dengan  tema “Audit Untuk Kesejahteraan Rakyat” yang ...
 11 August 2017
Pada hari Jum'at, Tanggal 22 Juli 2017, Program S2 Magister Akuntansi FEB ULM mengadakan Kuliah Tamu dengan Tema " Audit Investigatif Dan Perhitungan ...
 22 July 2017

Berlangganan JURNAL MAKSI FEB ULM

Kirimkan Informasi Nama & Email anda, Jika anda ingin berlangganan Jurnal MAKSI FEB ULM secara elektronik (lengkapi isian di bawah ini)

KONTAK KAMI

Sekretariat Program Magister Akuntansi FEB Universitas Lambung Mangkurat

Alamat : Jalan Brigjend H. Hasan Basri, Banjarmasin-Kalimantan Selatan, Gedung Baru Lantai 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat

Hotline :  081254711975 (Wahyudin) 085248154364 (Hayri Shinta), 089609113423 (Lisnawati)